Cara Membuat Surat Izin Sekolah SMP SMA Sendiri Karena Sakit atau ada acara urusan keluarga yang jelas ini sangat penting untuk kita ketahui.
Surat izin menjadi salah satu hal yang bisa sangat penting dan darurat bagi beberapa orang. Surat izin ini bisa ditujukan kepada perusahaan ataupun sekolah. Untuk surat izin sekolah sendiri ini berisi tentang pemberitahuan seorang siswa tidak masuk sekolah karena sakit atau yang lainnya.
Bagi para orang tua tentu harus mengetahui beberapa hal dalam menuliskan surat izin sekolah saat sang anak tidak bisa hadir di sekolah. Karena ini menjadi salah satu bentuk komunikasi orang tua murid kepada pihak sekolah yang memberitahukan bahwa keadaan sang murid.
Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana dan cara menulis surat izin sekolah. Berikut ini ada ulasan singkat mengenai tata cara membuat surat izin sekolah yang mudah dan tepat!
Prosedur Menulis Surat Izin Sekolah SMP SMA

Untuk menuliskan surat izin sekolah, Anda bisa mengikuti beberapa prosedur penting seperti di bawah ini! Karena menulis surat izin sekolah pun tidak bisa sembarangan dan harus memiliki badan isi surat yang jelas.
- Tulislah judul surat terlebih dahulu
- Cantumkan pula nama dan alamat pengirim.
- Cantumkan nama dan alamat penerima yang akan dituju, misalnya nama sekolah dan wali kelasnya
- Tulislah tanggal, bulan, dan tahun surat izin itu dibuat
- Gunakan salam pembuka dengan bahasa yang sopan dan formal.
- Jelaskan isi surat mengenai mengapa tidak hadir dengan bahasa yang formal dan sopan
- Sebutkan juga Tanggal dan Lama Tidak Hadir.
- Sertakan Bukti Medis jika ada dan siswa sedang sakit
- Ucapkan Terima Kasih dan pastikan menggunakan salam penutup yang sopan dan formal.
- Tandatangani surat dengan mencantumkan nama lengkap.
Cara Menulis Surat Izin Sakit Sekolah Sendiri
Surat izin sakit merupakan surat resmi yang diberikan kepada pihak sekolah dengan tujuan untuk memberitahukan bahwa siswa yang bersangkutan tidak bisa menghadiri pelajaran seperti biasanya. Bisa dikarenakan sakit ataupun tengah ada acara mendesak yang tidak bisa ditinggal. Maka dari itu, sebagai wali murid, Anda juga harus mengetahui tata cara menulis surat izin sekolah yang baik dan benar, di antaranya sebagai berikut:
Judul Surat Harus Jelas
Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah judul surat. Anda bisa menulisnya dengan singkat dan jelas, misalnya “Surat Izin Sakit” atau lainnya.
Identitas Pengirim Harus Ada
Cara menulis surat izin selanjutnya adalah Anda harus menuliskan identitas dengan jelas dan identitas ini berada di sebelah kiri atas surat. Di mana meliputi nama orang tua / wali murid, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
Jelaskan Identitas Penerima
Tuliskan pula identitas penerima surat, di mana Anda bisa menuliskan misalnya nama Wali Kelas, Nama sekolah, dan kelas siswa. Supaya tujuan surat izin jelas.
Isi Surat
Selanjutnya adalah pastikan isi surat sudah jelas dan menjelaskan perihal mengapa si siswa tidak masuk sekolah. Anda juga harus menuliskan tanggal dan hari apa si siswa dan bisa juga sampai kapan dia tidak masuk. Anda juga jangan lupa menuliskan pula jenis sakitnya dan Anda bisa menambahkan beberapa permintaan maaf seperti tidak bisa mengikuti pelajaran dan akan segera masuk jika sudah pulih.
Sisipkan juga Tanda Tangan dan Nama Pengirim yang Jelas
Yang terakhir dalam menulis surat izin sekolah adalah pastikan Anda juga membubuhkan tanda tangan di akhir surat dan dilengkapi dengan nama terang di bawah tanda tangan.
Tips Menulis Surat Izin Sekolah Karena Sakit dan Acara Keluarga
Selain itu ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum menuliskan surat izin sekolah, di antaranya:
- Gunakanlah bahasa yang sopan dan formal, sesuai dengan setting edukasi yang sesuai karena surat izin ini bersifat formal.
- Menyampaikan alasan ketidakhadiran secara jelas dan singkat.
- Menyertakan pula informasi mengenai tanggal dan durasi ketidakhadiran siswa.
- Jika diperlukan, Anda juga bisa menyampaikan rencana untuk menggantikan materi atau kegiatan yang terlewatkan selama ketidakhadiran misalnya meminta tugas susulan dan lainnya kepada Guru yang bersangkutan.
- Ajukan surat izin tepat waktu, sebelum tanggal ketidakhadiran, agar pihak sekolah memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan dan mengatur jadwal yang diperlukan.
- Jika diperlukan, lampirkan juga dokumen-dokumen pendukung yang relevan, seperti surat keterangan dokter, surat keterangan pihak acara, atau dokumen lain yang sesuai dengan surat perizinan yang Anda tulis.
- Pastikan alamat dan nama penerima juga jelas, misalnya nama sekolah, nama guru dan kelas di mana siswa itu berada.
Baca juga : Cara Transfer File Menggunakan Snapdrop Cepat dan Praktis
Menuliskan surat izin sekolah memang tidak bisa asal – asalan, Anda harus menuliskannya dengan bahasa yang sopan, singkat dan jelas. Demikianlah ulasan singkat mengenai tata cara membuat surat izin sekolah yang bisa menambah wawasan dan referensi Anda dalam menulis surat.